Home » » 7 Komplikasi Diabetes Yang Wajib Anda Waspadai

7 Komplikasi Diabetes Yang Wajib Anda Waspadai

7 Komplikasi Diabetes Yang Wajib Anda Waspadai – Diabetes Mellitus adalah penyakit berbahaya yang harus segera mendapatkan perawatan medis sehingga kadar gula dalam darah menjadi normal kembali. Jika dibiarkan maka hal yang paling dan harus ditakuti oleh seorang penderita diabetes adalah munculnya komplikasi yang lebih parah. 

7 Komplikasi Diabetes Yang Wajib Anda Waspadai

Pada umumnya mereka yang mengalami komplikasi adalah penderita diabetes namun tidak tahu atau mengabaikan jika dirinya mengidap penyakit kencing manis ini.  Sehingga Diabetes yang termasuk dalam penyakit kronis dan berkembang secara bertahap ini semakin bertambah parah  hingga akhirnya memicu sejumlah komplikasi yang lebih berbahaya.

Agar terhindar dari komplikasi yang lebih parah, sebaiknya kita mengetahui lebih awal apakah kita mengidap diabetes atau tidak dengan cara memeriksa kadar gula darah. Jika tidak maka anda dapat mengabaikan tulisan ini, namun bila anda memiliki kadar gula darah yang tinggi sebaiknya segera mendapatkan perawatan.

Langkah selanjutnya adalah merubah cara hidup yang selama ini kita lakukan dengan cara hidup seperti yang terdapat pada artikel  “10 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes.”

Sedangkan dengan mengetahui komplikasi yang mungkin terjadi bagi penderita Diabetes bertujuan agar dapat menjadi peringatan atau rambu-rambu bagi kita, para penderita diabetes, supaya lebih berhati-hati dan lebih bersungguh-sungguh dalam merawat dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Berikut ini adalah 7 komplikasi penyakit diabetes yang wajib kita waspadai apabila penyakit kencing manis dibiarkan tanpa perawatan dan pengobatan.

7 Komplikasi Diabetes Yang Wajib Kita Waspadai

1. Penyakit Jantung dan Stroke

Bila kadar gula darah yang tinggi tidak segera diobati atau dibiarkan saja dalam waktu lama akan membuat pembuluh darah menjadi sempit dan lama kelamaan jaringan pembuluh darah akan rusak. Sehingga penderita kencing manis sangat rentan terkena penyakit kerusakan pembuluh darah seperti penyakit jantung dan serangan stroke, apalagi jika mempunyai kolesterol tinggi juga.

Penderita Diabetes, menurut sebuah penelitian, memiliki resiko lima kali lebih besar terserang penyakit jantung seperti serangan jantung koroner dan juga stroke.

2. Kerusakan pada Organ Kaki

Kerusakan dan penyempitan pembuluh darah akibat kencing manis selain berbahaya bagi organ jantung ternyata juga berbahaya bagi organ kaki. Kerusakan organ kaki ditandai dengan munculnya gejala seperti :
  • Luka yang sulit sembuh meskipun sudah mendapat perawatan.
  • Kaki menjadi cepat lelah meskipun hanya dipakai berjalan dalam jarak dekat.
  • Kaki menjadi sering terasa kesemutan, nyeri dan panas
Sehingga komplikasi diabetes ini tidak dapat disepelekan karena akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Kerusakan Saraf

Kadar gula darah yang semakin bertambah secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan organ saraf di tubuh kita. Rusaknya organ saraf dapat dirasakan oleh penderita diabetes berupa sensasi-sensasi sebagai berikut.
  • Sensasi kesemutan terus menerus pada bagian tubuh tertentu seperti kaki atau tangan.
  • Seringkali merasa tidak nyeri apabila terjadi luka pada kakinya sehingga menimbulkan luka borok yang tidak kunjung sembuh.
  • Merasa mual, kembung, diare dan sembelit yang diakibatkan rusaknya saraf di pencernaan

 4. Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan komplikasi diabetes yang paling menakutkan bagi penderita kencing manis tahap akhir karena komplikasi ini merupakan gagal ginjal kronik yang tidak dapat disembuhkan dan kondisi kesehatan tubuh hanya dapat dipertahankan dengan melakukan proses cuci ginjal seumur hidup.

Baca Juga : Cara Cuci Ginjal Murah dan Alami

Berbahayanya lagi, gejala gagal ginjal yang kronis tidak menunjukkan tanda-tanda atau tidak terlalu kelihatan pada tahap awal sehingga banyak penderita diabetes yang baru ketahuan setelah mengidap kerusakan ginjal pada tahap dan stadium akhir gagal ginjal.

5. Kerusakan Mata

Indera penglihatan atau mata tidak luput dari serangan akibat komplikasi diabetes karena kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pada saraf dan pembuluh darah di mata terutama yang bertugas mendampingi retina, bagian dari mata yang bertugas menerima gambar yang akan disampaikan ke otak.

Tanda yang dirasakan adalah penglihatan yang semakin buram namun tidak dapat disembuhkan dengan mengenakan kacamata.

6. Disfungsi Seksual

Bagi penderita diabetes pria, komplikasi ini merupakan hal yang sangat ditakuti. Bila sampai terjadi maka akan mengurangi kualitas hidup terutama berkaitan dengan hubungan seksual yang digemari lelaki.

Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan yang menyerang saraf dan pembuluh darah pada organ genitalia. Jik terjadi pada pria akan menyebabkan disfungsi ereksi sedangkan pada wanita akan menyebabkan gangguan seksual seperti menurunnya gairah seksual, alat intim yang mengering, rasa sakit saat berhubungan intim dan kepuasan seksual yang menurun.

7. Mudah Terkena Infeksi

Komplikasi lainnya yang harus diwaspadai oleh penderita diabetes adalah gampang terjangkit penyakit infeksi seperti infeksi kulit dan paru-paru. Jenis infeksi kulit akibat komplikasi diabetes yang sering terjadi adalah infeksi jamur seperti gatal-gatal pada kulit,  pada lipatan tubuh dan organ intim perempuan sehingga menyebabkan keputihan.

Sedangkan Infeksi paru-paru adalah infeksi kuman tuberculosis atau TBC dan infeksi lainnya adalah pada saluran kencing dan telinga.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang 7 komplikasi diabetes yang wajib diwaspadai oleh para penderita diabetes.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati!”

Sebelum terjadi komplikasi diabetes yang lebih parah lebih baik kita mencegahnya terlebih dahulu dengan menjaga agar kadar gula darah kita tetap normal dan stabil dengan cara menerapkan cara hidup sehat bagi penderita diabetes.

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment