Home » » Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes – Sebagai penderita penyakit Diabetes, selain harus mulai menerapkan 10 Cara Hidup Bagi Penderita Diabetes, juga harus berhati-hati dalam memilih makanan minuman dan buah-buahan yang tidak mengandung banyak kalori, kaya serat dan vitamin.

Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Karena pola makan bagi penderita Diabetes  yang berbeda dengan orang lain dimana disarankan untuk makan tidak terlalu banyak terutama nasi putih sehingga untuk menambah asupan gizi dibutuhkan buah-buahan sebagai penggantinya. Namun, tidak semua buah-buahan  boleh dimakan, hanya buah-buahan tertentu saja yang memiliki manfaat optimal bagi penderita diabetes, seperti buah-buahan berikut ini.

Baca Juga :

Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Buah-buahan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat dan anti oksidan yang dibutuhkan tubuh sehingga dengan mengkonsumsinya dapat menambah kesehatan penderita diabetes.

1.    Blewah

Menurut ahli gizi ternama dari pusat penelitian Diabetes di Texas, US, Blewah merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi super lengkap seperti beta karoten, kalium dan vitamin C serta rendah kalori. Karena rendah kalori membuat Blewah disarankan sebagai buah bagi penderita diabetes.

2.    Strawberry

Strawberry adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C, Kalium, serat dan anti oksidan. Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa orang yang makan roti tawar dengan strawberry memiliki kadar isulin yang lebih tinggi dibandingkan orang yang hanya makan roti tawar saja.
Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

3.    Jeruk

Karena Jeruk mengandung vitamin C dan asam folat yang terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 maka buah ini cocok untuk selingan bagi penderita diabetes.

4.    Tomat

Tomat merupakan buah yang wajib dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung likopene, suatu senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Likopene membuat Tomat berwarna merah menggoda.

Selain itu Likopene juga bermanfaat  membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, komplikasi yang erat kaitannya dengan diabetes.

5.    Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak dan rendah kalori yang cocok untuk penderita diabetes. Kandungan lemak pada Alpukat adalah lemak tak jenuh yang dapat menurunkan LDL, menaikkan kolesterol baik dan dapat berperan sebagai antioksidan.

Namun sebaiknya, hindari makan buah ini dalam bentuk jus atau es campur yang ditambah dengan gula atau susu.

6.    Blackberry

Blackberry buah yang memiliki rasa asam dan menyegarkan ini mengandung vitamin C, kalium, kadar serat tinggi dan anthocyanin, suatu senyawa antioksidan. Buah Blackberry memberi manfaat melindungi struktur jaringan tubuh, melindungi jantung, serta membantu menurunkan LDL dan menaikkan kolesterol baik.
Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Baca Juga : Kolesterol Tinggi : Dampak dan Pencegahannya

Sehingga, Blackberry disarankan menjadi pilihan buah bagi penderita diabetes maupun yang memiliki kolesterol tinggi.

7.    Kiwi

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Kiwi adalah Kalium, kadar serat tinggi dan vitamin C dimana serat dapat membuat penderita diabetes kenyang lebih lama sedangkan Kalium dan vitamin C akan membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Buah-buahan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Konsumsi Kiwi secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah.

8.    Apel

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Apel adalah vitamin C, serat tinggi dan antioksidan yang dapat membantu vitalitas, imunitas dan revitalisasi tubuh. Kulit Apel mengandung serat dan antioksidan sehingga jangan lupa untu memakan kulitnya juga.

Menurut beberapa penelitian tentang Apel, buah ini dinyatakan dapat menurunkan kadar gula darah sehingga cocok bagi penderita diabetes.

9.    Pepaya

Buah Pepaya memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin C, serat dan vitamin E yang tinggi. Meskipun rasanya manis namun Pepaya tidak mengandung gula.

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap buah Pepaya, konsumsi buah pepaya secara teratur dapat memperlambat proses penyakit diabetes tipe 2.

10.    Pisang

Karena kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi menyebabkan buah pisang menjadi buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Namun, karena kandungan kalium dan magnesiumnya yang sangat banyak, dapat membantu jantung bekerja dan menurunkan tekanan darah.

Bagi penderita diabetes, sebaiknya makan pisang sebagai makanan berat seperti sarapan dibarengi roti gandum. Jangan sering makan buah pisang ini  sebagai selingan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang buah-buahan terbaik bagi penderita diabetes. Dengan menerapkan cara hidup sehat ditambah dengan pengetahuan tentang makanan, minuman dan buah-buahan yang kaya serat dan vitamin serta rendah kalori, akan dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula dalam darah.

Artikel Terkait :


0 comments:

Post a Comment