Home » » 10 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes

10 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes

10 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes – Ketika melihat hasil diagnose Dokter yang menyatakan jika saya menderita Diabetes Mellitus Kering, saya seolah terbangun dari mimpi buruk, bingung dan cemas. Mengingat ibu dan beberapa kerabat saya yang menderita penyakit kencing manis ini berakhir dengan meninggal dunia setelah berbulan-bulan dirawat di rumah sakit.

Mungkinkah saya akan bernasib sama pada usia yang masih produktif?

Pertanyaan ini menghantui saya setiap hari hingga saya lupa makan, jarang tidur dan sering melamun. Secara perlahan berat badan saya menurun drastic, semangat hidup turun bahkan saya memutuskan pindah rumah yang dekat dengan makam ibu saya. Berharap jika meninggal akan dikuburkan disamping makam beliau. Saya pasrah menerima nasib karena cara hidup yang asal-asalan dan factor keturunan menjadi penyebab penyakit DM yang saya derita.

Hingga suatu hari, saya bertemu dengan seorang kakak sepupu perempuan, berumur 55 tahun juga menderita penyakit yang sama. Namun, beliau terlihat segar bugar dan sangat aktif menjalankan kegiatannya sehari-hari.

“Jangan menyerah! Penyakit Diabetes Harus Dilawan!” Katanya.

Secara perlahan semangat hidup saya bangkit kembali dan secara perlahan pula saya mengikuti anjurannya untuk merubah cara hidup asal-asalan menjadi cara hidup sehat sebagai penderita diabetes. Karena Penyakit Kencing Manis tidak dapat sembuh total sehingga saya harus berusaha untuk selalu membuat kadar gula dalam darah menjadi normal.

Setelah menjalani cara hidup sehat bagi penderita diabetes ini selama setahun, kadar gula saya menjadi normal dan kesehatan serta vitalitas perlahan pulih kembali.

Jika anda seorang penderita kencing manis, silahkan mencoba cara hidup sehat bagi penderita penyakit DM berikut ini.

10 Cara Hidup Sehat Penderita Diabetes

10 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes

1.    Kontrol Kadar Gula Secara Rutin

Dengan mengontrol kadar gula kita secara rutin, kita akan dapat menetapkan langkah apa yang harus segera kita lakukan sesuai dengan nilai kadar gula dalam darah kita. Jika diatas ambang normal maka segera melakukan tindakan penurunan, namun jika terlalu rendah juga akan membuat kita lemas sehingga segera dapat melakukan tindakan penormalan.

Dengan demikian, kita bisa mengetahui perkembangan penyakit diabetes kita dengan pasti. Apalagi jika memiliki alat pengukur kadar gula sendiri seperti Easy Touch GCU 3 in 1 atau Gluco Dr Biosensor, kita dapat mengukur kadar gula kita setiap hari sehingga kadar gula kita terkontrol dengan baik.

2.    Mengatur Menu Makan

Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari adalah factor penting dalam menjaga kestabilan kandungan gula darah kita terutama makanan yang manis. Bagi penderita diabetes akut, sebaiknya mengurangi nasi dan memperbanyak sayuran.

Dengan mengetahui kandungan zat-zat yang terdapat pada makanan dan minuman lalu menyusunnya dalam menu harian kemudian kita mematuhinya, maka kita dapat menjaga kadar gula kita tetap normal dan stabil.

3.    Olahraga Teratur

Dengan meluangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk melakukan olahraga akan dapat meningkatkan kesehatan kita. Memang, seorang penderita diabetes tidak dapat melakukan olahraga terlalu berat namun dengan membiasakannya sedikit demi sedikit setiap hari akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan kuat.

Olahraga terbaik bagi penderita kencing manis adalah jalan kaki. Minimal kita dapat melakukannya selama 30 menit atau sampai keluar keringat lalu minum air kelapa muda atau minum air putih.

4.    Biasakan Sarapan Pagi

Dengan membiasakan sarapan pagi setiap hari dapat membantu mengontrol asupan yang akan kita konsumsi pada siang hari. Sarapan dengan makanan sehat yang sudah Anda susun dalam menu harian.

5.    Memeriksa Luka

Luka adalah sesuatu yang sering dan mungkin terjadi dalam menjalankan aktifitas kita sehari-hari. Namun, bagi penderita diabetes, luka sekecil apapun adalah sesuatu yang harus diwaspadai sehingga setiap hari sebaiknya kita memeriksa kondisi luka yang ada di tubuh kita.

Jangan biarkan luka itu menyebar atau menjadi lebih parah hingga semakin sukar diobati. Sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, jika ada luka kecil segera obati.

6.    Minum Obat

Bagi penderita diabetes akut, minum obat sebaiknya kita lakukan setiap hari. Baik berupa suplemen atau obat tradisional, tanaman obat atau obat herbal. Saya sendiri mengkonsumsi Paket Herbal NASA untuk menjaga kestabilan kadar gula saya atau mengkonsumsi jus Kenikir.

Baca Juga :

7.    Istirahat Cukup

Dengan istirahat cukup akan membantu mempercepat kesembuhan penyakit yang kita derita. Sebaiknya kita hindari tidur terlalu larut atau begadang.

8.    Jangan Tidur Pagi Hari

Tidur pada pagi hari sebaiknya kita hindari sebisa mungkin, alihkan dengan melakukan kegiatan lain seperti bekerja, jalan-jalan, ngobrol dan bermain sehingga kita tidak tidur saat pagi.
Konon, tidur pagi hari selain tidak dianjurkan agama juga dapat memperparah penyakit kita atau memperlemah kesehatan atau yang lebih parah dapat melumpuhkan kita. Sehingga usahakan jangan tidur pagi hari!!!

9.    Berkumpul Dengan Kerabat

Berkumpul dengan keluarga atau kerabat kita dapat membantu menjaga kesehatan kita. Mereka akan mengingatkan apabila kita makan atau minum yang manis dan memberikan motivasi serta tambahan semangat agar kita cepat sembuh dan sehat.

10.    Ibadah dan Berdoa

Tuhan memberikan sakit kepada hambanya adalah salah satu bentuk kasih sayangnya kepada hamba. Sakit adalah Penggugur dosa kita. Dengan sakit, kita bisa melakukan evaluasi diri terhadap tingkah laku dan perbuatan kita selama ini

Sehingga kita dapat melakukan ibadah untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta serta berdoa memohon ampunan dan kesehatan.

Demikian pembahasan tentang 10 Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes. Setiap orang memiliki metode atau cara hidup sendiri-sendiri namun bagi penderita kencing manis sebaiknya menerapkan gaya hidup ini yang sudah terbukti bermanfaat bagi saya.

Artikel Terkait :

1 comments:


  1. F*a*n*s*B*E*T*I*N*G Game Bola Online| 5*E*E*8*0*A*F*E :)

    ReplyDelete