Home » » Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami – Hidup sehat adalah dambaan bagi setiap orang namun tidak semua orang mau menerapkan cara-cara hidup yang sehat karena berbagai alasan dan kesibukannya masing-masing. Upaya untuk mendapatkan hidup sehat yang dilakukan setiap orang berbeda-beda tergantung pada bagaimana mereka memandang dan menghargai kesehatan.

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami

Ada beberapa cara pandang orang dalam memandang dan menghargai arti kesehatan dalam hidupnya sehingga dapat menerapkan pola hidup sehat yang sesuai dengan diri kita masing-masing.
  1. Sehat itu mahal
  2. Sehat itu mudah, murah dan alami
Sebelum membahas tentang cara pandang tentang kesehatan seperti diatas, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh tubuh atau jasmani dan jiwa atau rohani kita. Karena antara tubuh dan jiwa manusia saling terkait satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Apabila tubuh kita sehat namun jiwa kita sakit juga percuma atau jiwa kita kuat namun tubuh kita lemah dan sakit-sakitan juga tidak berguna.

Namun, pada umumnya, orang setuju dengan pepatah dari bahasa latin yang mengatakan “men sana in corporin sano” atau “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”Sehingga sebagian besar orang lebih menitik beratkan pada kesehatan tubuh daripada kesehatan jiwanya, padahal sumber datangnya penyakit ada dua yaitu makanan (tubuh) dan fikiran (jiwa).

Sebaiknya kita perhatikan kedua-duanya yaitu jasmani dan rohani secara seimbang sehingga kita menjadi sehat lahir dan batin dengan menerapkan cara hidup sehat dalam keseharian kita.

Dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan tubuh kita yaitu makanan dan minuman, istirahat dan olahraga serta kebutuhan jiwa seperti ketenangan, hiburan dan refreshing maka kita dapat menetapkan sasaran dalam menerapkan cara hidup sehat yang kita harapkan.

Mengenai pendapat tentang cara pandang seseorang terhadap kesehatan dirinya, berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing pendapat tersebut.

1.    Sehat itu Mahal

Ketika seseorang mengatakan jika untuk menjadi sehat itu mahal maka dapat diambil kesimpulan bahwa orang tersebut.

  • Pernah menderita sakit parah. Ketika sudah pernah menderita sakit yang parah, maka seseorang akan lebih menghargai kesehatan dirinya lalu berusaha menjaga pola hidup yang sehat. Namun sebelum kesadaran itu datang, ia harus membayar dengan mahal untuk biaya obat, perawatan, operasi dan lain-lain sehingga berkata jika kesehatan itu mahal.

  •  Orang Sibuk. Demikian juga dengan orang yang aktifitas sehari-harinya super sibuk sehingga kurang bisa menikmati gaya hidup normal seperti manusia pada umumnya. Mereka kehilangan waktu untuk sekedar makan siang atau mengurangi waktu tidurnya dengan kerja lembur. Untuk memenuhi asupan gizi dan tenaga yang dibutuhkan mereka menggunakan vitamin, suplemen dan obat-obatan yang harganya cukup mahal. Orang-orang seperti ini sangat rentan tergoda untuk mencoba obat-obatan terlarang atau menggunakan obat tanpa resep dokter seperti yang menimpa beberapa artis belakangan ini antara lain Ridho Rhoma, Tora Sudiro dan banyak artis lainnya. Bagi mereka sehat itu mahal dan penuh resiko.

2.    Sehat itu mudah, murah dan alami

Sedangkan bagi mereka yang peduli dengan kesehatannya sejak awal akan menjaga cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami. Seperti dicontohkan oleh orang-orang tua jaman kakek nenek kita yang rata-rata berusia diatas 70 tahun. Jika mereka lelah sehabis mencangkul di sawah atau melakukan pekerjaan lainnya mereka akan segera istirahat, jika lapar maka segera makan dan jika mengantuk mereka akan segera tidur. Mudah bukan?

Murah. Pada jaman dahulu, belum ada KFC, Pizza Hut, McDonald dan lain-lain yang harganya cukup mahal, mereka makan dari hasil kebun mereka sendiri dan tentunya tidak perlu membeli.

Apa yang mereka makan berasal dari bahan makanan yang masih alami dan sebisa mungkin menghindari penggunaan bahan-bahan kimia yang mengandung bahan pengawet, penyedap rasa dan lain-lain. Bahkan jika merokok, mereka hanya merokok hasil lintingan sendiri dengan tembakau alami ditambah cengkeh saja.

Terbukti mereka memiliki tubuh yang sehat dan umur panjang.

Itulah beberapa sudut pandang masyarakat tentang cara hidup sehat.

Cara Hidup Sehat Mudah, Murah dan Alami

Apabila anda ingin menerapkan cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami maka ikutilah anjuran berikut ini.

1.    Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah pangkal kesehatan

Pepatah tersebut sepenuhnya benar. Dengan selalu menjaga kebersihan baik kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan sekitar kita maka kita akan mendapatkan hidup sehat yang kita inginkan.

2.    Istirahat cukup

Melakukan istirahat yang cukup dengan cara tidur secara teratur dan berkualitas setiap hari maka kita sudah menerapkan cara hidup sehat, mudah, murah dan alami. Tubuh kita secara alamiah akan mengeluarkan sinyal apabila sudah kelelahan seperti menguap, lemas dan lelah sehingga kita harus cepat menanggapinya dengan segera beristirahat.

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami
Jangan memaksa tubuh kita bekerja diluar batas kemampuannya. Melakukan relaksasi, berdoa sebelum tidur dan menenangkan diri akan membuat tidur kita lelap dan berkualitas sehingga proses regenerasi sel-sel tubuh dapat berjalan dengan lancar.

3.    Olahraga teratur

Melakukan olahraga secara teratur setiap hari akan membuat tubuh kita sehat dan kuat. Sehingga olahraga secara teratur sangat dianjurkan apabila kita mau memiliki cara hidup sehat. Banyak macam olahraga yang dapat kita lakukan setiap hari mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami
Dengan melakukan olahraga secara teratur maka peredaran darah dalam tubuh kita akan berjalan dengan lancar serta dapat mengeluarkan racun, lemak dan zat-zat tidak berguna lainnya bersamaan dengan keluarnya keringat. Peredaran darah yang lancar akan mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh kita dan banyak manfaat lainnya.

4.    Hindari Konsumsi Obat-obatan

Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah mengkonsumsi obat-obatan baik ketika kita sakit atau hanya ingin menambah vitalitas tubuh kita dengan makan suplemen atau vitamin. Bila kita ingin menerapkan cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami maka sebaiknya mulai mengurangi konsumsi obat-obatan.

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami
Penggunaan obat-obatan dalam tubuh kita sedikit demi sedikit akan menumpuk dalam darah kita sehingga dapat membuat tubuh kita memerlukan dosis yang lebih tinggi, lagi dan lagi sampai akhirnya kebal atau menjadi kecanduan terhadap obat tersebut serta berbagai efek samping lainnya.

Sebagai gantinya gunakan obat herbal atau obat dari bahan-bahan alami seperti jahe, kunyit dan tanaman obat lainnya yang tidak memiliki efek samping. Memang cara kerjanya lebih lambat namun tidak membawa dampak atau efek samping berbahaya bagi kesehatan kita kelak.

Baca Juga : Tanaman Obat dan Manfaatnya

5.    Makan Teratur dan alami

Makan teratur dan bergizi serta mengurangi makanan yang mengandung zat kimia, minyak dan bahan berbahaya lainnya akan menghindarkan kita dari penyakit sehingga kita dapat memiliki hidup yang sehat.

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami
Saat ini sudah banyak kita temukan sayur-sayuran organik yang alami dan sehat untuk dikonsumsi. Memang harganya lebih mahal tapi lebih sehat karena hampir tidak menggunakan zat kimia atau zat berbahaya lainnya.

6.    Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol adalah sesuatu yang sebaiknya kita hindari karena memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Namun, jika kita sudah terlanjur menjadi seorang perokok atau pecandu alcohol, sebaiknya mulai kita sadari dampaknya bagi kesehatan kita. Seiring dengan bertambahnya usia maka secara perlahan pengaruhnya mulai kita rasakan. Rokok dan alcohol secara perlahan namun pasti mulai menggerogoti kesehatan kita.

Cara Hidup Sehat Mudah Murah dan Alami
Berusahalah untuk mengurangi atau berhenti sama sekali sebelum dokter yang menyuruh kita berhenti setelah menderita penyakit.

Menerapkan cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami memang tidak mudah. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan dan yang terpenting adalah kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi diri kita. Apa artinya kita memiliki harta melimpah apabila tubuh kita sakit-sakitan dan harus bolak-balik keluar masuk rumah sakit.

Maka sebaiknya kita ikuti anjuran untuk “Jaga sehat sebelum sakitmu” lalu berusaha menerapkan cara hidup sehat dalam keseharian kita sedini mungkin sehingga kita dapat merasakan manfaatnya seiring bertambahnya usia kita.

0 comments:

Post a Comment