Home » » Cara Sehat Alami Dengan Seledri

Cara Sehat Alami Dengan Seledri

Cara Sehat Alami Dengan Seledri – Seledri adalah nama yang sangat dikenal dan menjadi sahabat bagi para ibu rumah tangga baik d Indonesia maupun di dunia. Tanaman obat yang sering dibuat sebagai bumbu penyedap masakan juga sebagai pemanis tampilan pada penyajian makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Seledri merupakan salah satu tanaman obat guna meuwjudkan hidup sehat yang mudah, murah dan alami.

Cara Sehat Alami Dengan Seledri

Mengutip dari nutrition-and-you.com, berikut ini adalah beberapa manfaat Seledri bagi kesehatan manusia.

  1. Karena Seledri adalah tanaman yang sangat rendah kalori, dimana daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 g dan mengandung serat non larut sehingga jika digabungkan dengan tanaman lain dapat membantu menurunkan berat badan dan kolesterol dalam darah.
  2. Seledri bermanfaat untuk pelindung tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker karena kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten.
  3. Kandungan Vitamin A dan beta karoten dalam Seledri merupakan antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata.
  4. Seledri bagus untuk memperlancar proses metabolism tubuh karena mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C.
  5. Pada daun dan biji-bijian Seledri mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup terpen, limonene dan humulene. Namun aroma khas seledri ini disebabkan senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidro-nya) di dalamnya.
  6. Hasil olahan esktraksi seledri menjadi minyak Atsiri telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu bagian biji, dan akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan, dan sifat tonik.

Manfaat Jus Seledri

Jus Seledri merupakan pilihan sayuran untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk pria maupun wanita. Karena Seledri merupakan sayuran rendah kalori yang penuh dengan nutrisi.

v


Satu cangkir jus seledri segar, yang dihasilkan dari 4 cangkir seledri cincang mentah memiliki 65 kalori, kurang dari 0,7 gram lemak dan hampir 2,8 gram protein. Berdasarkan kandungan gizinya Seledri memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Memenuhi Kebutuhan Kalium

Dalam 1 porsi jus seledri mentah mengandung 1.050 gram kalium, yaitu lebih dari 22 persen dari asupan kalium yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan. Kalium juga banyak terdapat dalam pisang dan mangga.

Sedangkan Kalium adalah elektrolit dan mineral penting untuk membantu tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa dan menjaga aktivitas jantung tetap sehat. Dan, Kalium juga berfungsi membantu pemecahan karbohidrat dalam tubuh, dan itu sangat penting untuk membangun otot dan protein.

2. Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Satu porsi jus seledri mengandung 162 miligram kalsium, yang lebih dari 16% RDA untuk orang dewasa dan 13,5 persen dari RDA untuk wanita.

Mineral kalsium penting untuk membangun dan memelihara kesehatan gigi dan penting untuk menjaga struktur rangka yang kuat seperti susu. Kalsium juga membantu mengirimkan informasi melalui sistem saraf dan membantu dalam pelebaran dan penyempitan pembuluh darah.

Jumlah asupan yang dianjurkan dalam diet (RDA) untuk pria hingga usia 70 tahun adalah 1.000 miligram kalsium per hari. Setelah usia 70, laki-laki harus mendapatkan 1.200 miligram. Untuk wanita, 1.000 miligram setiap hari hingga usia 50, dan 1.200 miligram setelah usia 50.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin K

Satu porsi jus seledri mentah mengandung sekitar 118 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% asupan yang memadai untuk pria dan wanita.

Manfaat Vitamin K adalah mendukung pembekuan darah, sehingga penting untuk penyembuhan luka dan memar. Kurangnya jumlah vitamin K dalam tubuh akan menyebabkan perdarahan dan kesulitan pulih dari cedera, bahkan memar ringan. Disamping itu, Vitamin K juga berfungsi membantu tubuh menggunakan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Mememenuhi Kebutuhan Folat

Satu porsi jus seledri mentah mengandung 145 mikrogram folat, yakni lebih dari 36% dari asupan untuk pria dan wanita, dan 29 persen dari asupan untuk ibu hamil dan menyusui.

Sedangkan Folat adalah salah satu vitamin B yang membantu tubuh memecah, memproduksi dan menggunakan protein. Kurangnya folat dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan, rambut beruban, diare dan anemia.

5. Memenuhi Kebutuhan Antioksidan

Seledri adalah sumber yang sangat kaya antioksidan. Seledri adalah sayuran yang mengandung fitonutrien seperti asam fenolik, flavonoid, stilbenoids dihidro, flavon, furanocoumarins, dan pitosterol. Manfaat antioksidan sendiri sangat besar bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.
  • Regenerasi kulit
  • Mencegah kanker
  • Menghilangkan racun di tubuh

6. Memenuhi Kebutuhan Serat Makanan

Meskipun kandungan terutama seledri adalah air, tapi juga menyediakan cukup banyak serat makanan. Seledri mengandung 1,6 gram serat dalam setiap 100 gram. Serat makanan sendiri. Serat makanan sendiri bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan seperti :
  • Melancarkan buang air besar
  • Mencegah kanker usus
  • Membersihkan usus
  • Melancarkan proses pencernaan
Demikian pembahasan tentang salah satu tanaman obat kaya manfaat yaitu Seledri. Dengan memanfaatkan Seledri sebagai bahan olahan makanan atau dijadikan Jus maka dapat memenuhi kebutuhan gizi dan membantu penyembuhan penyakit.

Sehingga untuk mendapatkan hidup sehat tidaklah susah dan mahal, cukup memanfaatkan Seledri salah satu tanaman obat yang mudah didapat dan harganya murah.

Sumber :
  • medicalnewstoday.com, What are the health benefits of celery?
  • Livestrong.com, The Health Benefits of Raw Celery Juice
  • nutrition-and-you.com
Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment