Home » » Dampak Berbahaya Kurang Minum Air Putih

Dampak Berbahaya Kurang Minum Air Putih

Dampak Berbahaya Kurang Minum Air Putih – Minum air putih setiap hari minimal dua liter atau delapan gelas selain menghilangkan haus juga akan memenuhi kebutuhan normal tubuh. Jika kita tidak minum sebanyak itu setiap hari akan berdampak pada kesehatan kita dan semakin kurang air yang kita minum akan semakin berbahaya.

Dampak Berbahaya Kurang Minum Air Putih

Mengapa harus minum air yang cukup?

Karena sebagian tubuh kita sebagian besar diisi oleh air, yaitu sekitar 60 % bagian dari tubuh orang dewasa dan 80 % bagian dari tubuh anak-anak sehingga dapat dibayangkan jika tubuh kita kekurangan air maka fungsi berbagai organ tubuh pun akan terganggu.

Dua organ tubuh paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah: OTAK dan DARAH. Dimana Otak memiliki komponen Air sebanyak 90% sedangkan darah memiliki Komponen Air sebanyak 95%.

Jika kita tidak minum air dalam jumlah normal yang dibutuhkan tubuh yaitu 2 Liter sehari atau 8 Gelas Air putih sehari dan jumlah tersebut harus ditambah lagi apabila kita seorang perokok. Dimana, air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yg keluar dari tubuh kita lewat Air Seni, Keringat, Pernapasan, dan Sekresi.
Jika kita mengkonsumsi kurang dari 2 Liter sehari maka tubuh akan menyeimbangkan diri dengan cara "menghisap" dari sumber air dari komponen tubuh yang terdekat yaitu darah. Darah yang kandungan airnya dihisap akan menjadi kental sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi kurang lancar.
Dampak Berbahaya Kurang Minum Air Putih
Kekentalan darah ini yang akan berdampak pada munculnya berbagai kelainan organ tubuh sehingga menimbulkan berbagai penyakit.

Beberapa Dampak Berahaya Akibat Kurang Minum Air

Hal-hal berikut ini adalah beberapa dampak berbahaya akibat kurang minum air putih yang harus Anda waspadai:

1.    Mudah Lelah

Kekurangan air dalam tubuh akan menyebabkan orang mudah lelah, lemah, letih dan lesu serta kurang semangat. Terutama akan merasa mudah lelah meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat.

Fungsi air di dalam tubuh adalah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh sehingga apabila kadar air dalam tubuh kurang maka secara otomatis badan akan menjadi lemah dan mudah lelah.

Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan :
  • Metabolisme tubuh terganggu
  • Menghambat pembentukan sel darah merah sehingga mudah terkena anemia yang berdampak mudah lelah, muka pucat, jantung berdebar-debar dan kepala pusing.

2.    Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh terjadi karena cairan tubuh yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan cairan tubuh yang masuk. Atau tubuh mnegeluarkan cairan secara berlebihan dalam bentuk keringat, muntah, diare atau pendarahan namun tidak diimbangi dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Sehingga cairan tersebut harus segera diganti dengan cara rehidrasi yang dilakukan oleh petugas media atau dengan banyak minum air putih.

3.    Gangguan pada sistem pencernaan

Air merupakan komponen penting pada proses pencernaan di dalam tubuh seperti mencerna dan menyerap nutrisi makanan yang kita konsumsi setiap hari. Sehingga jika kita kurang minum air putih akan berakibat mengalami penyakit karena gangguan pencernaan seperti :
  • Sembelit atau konstipasi
  • Ulkus peptikum
  • Ambeien
  • Lambung dan usus mengalami penurunan lapisan yang melindungi pada bagian luarnya serta elastisitasnya menjadi berkurang sehingga mudah terserang asam lambung dan luka pada usus.
  • Bahkan dalam jangka waktu yang panjang dapat memudahkan terjadinya kanker usus.

4.    Gangguan Ginjal

Kekurangan air dalam tubuh akan menyebabkan darah menjadi kental sehingga Ginjal akan bekerja lebih berat dalam menjalankan fungsinya yaitu menjalankan proses filtrasi cairan dalam tubuh. Zat-zat yang tidak berguna dan bersifat racun akan dibuang melalui urine.

Dampak Berbahaya Kurang Minum Air Putih

Baca Juga : Cara Cuci Ginjal Yang Murah dan Alami

Akibatnya, kotoran atau zat-zat beracun tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan sempurna sehingga menumpuk dalam tubuh kita dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti :
  • Penyakit batu ginjal,
  • Infeksi bakteri di dalam ginjal,
  • Infeksi saluran kencing
  • Bahkan dalam jangka waktu yang lama dapat memperbesar risiko seseorang mengalami gagal ginjal baik akut maupun kronis.

5.    Gangguan Otak

Karena otak memiliki kandungan air sekitar 90% maka kekurangan air dapat menyebabkan gangguan pada otak atau system syaraf seperti :

Dampak Berbahaya Kurang Minum Air Putih
  • Menurunnya konsentrasi,
  • Mudah bingung,
  • Sering lupa,
  • Mudah mengantuk,
  • Memicu halusinasi,
  • Kesadaran menurun

6.    Gangguan Sendi

Karena air merupakan komponen penyusun tulang rawan dan sebagai pelumas di dalam sendi sehingga jika kekurangan asupan cairan maka dapat memicu gangguan pada sendi, seperti reumatik dan osteoarthritis

7.    Gangguan Kulit

Kekurangan air akan membuat fungsi enzim yang menjaga kesehatan kulit tidak dapat bekerja dengan baik sehingga menyebabkan gangguan pada kulit seperti kulit kusam, kasar dan kehilangan kesegaran dan elastisitasnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang dampak berbahaya kekurangan air di dalam tubuh kita. Air memiliki banyak manfaat dan merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan baik bagi diri kita sebagai mikro kosmos maupun bagi alam semesta (makro kosmos).

Sehingga dengan minum air putih minimal dua liter setiap hari maka kita akan menjaga organ tubuh dan jaringannya berjalan dengan optimal serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap penyakit.

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment