Home » » Cara Alami Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok

Cara Alami Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok

Cara Alami Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok – Bagi manusia, Paru-paru merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang berfungsi sebagai alat pernafasan, apabila paru - paru menghirup udara kotor yang mengandung polutan maka paru-paru akan menjadi kotor. Semakin lama kotoran tersebut akan semakin menumpuk apalagi  jika kita seorang perokok sehingga dibutuhkan suatu cara untuk membersihkan paru-paru secara rutin dan berkala.

Salah satu penyebab dari timbulnya berbagai macam penyakit, yang paling umum seperti kanker, asma, bronkitis serta beragam jenis batuk adalah paru-paru yang kotor. Bagi seorang perokok, penyebab terbesar berbagai kotoran tersebut adalah rokok.

Cara Alami Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok


Seperti kita ketahui jika sebatang rokok mengandung ratusan zat kimia berbahaya seperti amonia, karbon monoksida, nikotin, kromium, kadmium, timbal, dan lain - lain. Dengan menjadi perokok maka sama dengan memasukkan  bahan - bahan kimia ini ke dalam tubuh atau meracuni tubuh sendiri.

Banyak alasan bagi seorang perokok untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut, namun apabila anda belum dapat berhenti merokok sebaiknya anda mengetahui cara mudah membersihkan paru-paru sehingga mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti diatas.

Ada mitos yang beredar di masyarakat terutama pada seorang pemuda pernah merokok lalu masuk menjadi anggota militer. Saat tes kesehatan dianjurkan untuk minum soda susu agar dapat menutupi atau menghilangkan bercak-bercak di paru-parunya. Dan mitos ini berkembang serta dipercaya meskipun tidak terbukti secara medis.

Cara Alami Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok


Soda susu atau minuman soda gembira, saar seorang perokok tidak dapat lagi merasakan kenikmatan rasa tembakau, memang terbukti membuat lidah seorang perokok menjadi enak kembali namun untuk dapat membersihkan paru-paru, itu tidak benar.

Cara terbaik membersihkan paru-paru salah satunya adalah dengan berhenti merokok. Namun jika hal ini tidak dapat anda lakukan, sebaiknya ikuti langkah-langkah mudah dan alami berikut ini untuk membersihkan paru-paru.

Cara Alami Membersihkan Paru-paru

1. Makan Jahe

Karena Jahe memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu saluran bronkial untuk menghilangkan zat - zat berbahaya dari paru – paru, maka dengan makan Jahe dapat  membuat pernafasan jadi lega dan plong. Dengan cara mengunyah sepotong jahe segar untuk membuka saluran pernafasan yang tersumbat.

2. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih, menurut para ahli medis, dapat mengurangi nikotin yang terserap tubuh bahkan dapat membantu menghentikan kebiasaan buruk ini karena merokok menyebabkan dehidrasi.

3. Makan Bawang Putih

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention di China, menyatakan bahwa dengan rajin mengonsumsi bawang putih minimal dua kali seminggu akan dapat menurunkan resiko kanker paru sampai 44%.

Karena Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk menghilangkan inflamasi dalam tubuh.

4. Makan Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C dan B5. Kebiasaan merokok mengurangi kandungan vitamin C dalam tubuh. Dengan makan brokoli, dapat mengikis kadar nikotin dalam tubuh.

5. Konsumsi Jeruk

Dengan mengkonsumsi Jeruk dapat mengurangi resiko seorang perokok terkena kanker paru-paru. Karena Jeruk merupakan sumber makanan yang kaya antioksidan dan vitamin C, sehingga buah ini memiliki kemampuan menghambat kerja enzim yang dapat mengaktifkan sel kanker paru – paru serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi kadar nikotin.

6. Makan Wortel

Ketika kita merokok sekali, Nikotin akan bersembunyi di dalam tubuh selama tiga hari, dan kebiasaan buruk ini lambat laun akan merusak kesehatan kulit sehingga dengan makan wortel yang kaya akan vitamin A, C, K, dan B, dapat membantu menghilangkan nikotin dari sistem tubuh.

7.  Konsumsi Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan asam folat yang dapat menghilangkan nikotin dari tubuh.

8. Makan Buah Kiwi

Kiwi dapat membantu menghilangkan nikotin dari tubuh. Buah ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C, A, E.

9.  Makan Buah Berries

Makan buah Berries akan mengurangi resiko seorang perokok terkena penyakit paru-paru karena semua jenis berries sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak antioksidan serta membantu menghilangkan jumlah nikotin dari tubuh juga membantu dalam memerangi bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di paru-paru

10. Konsumsi Kedelai

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak nafas kronis. Menurut penelitian yang dipimpin Fumi Hirayama, asal Jepang, meneliti 300 pasien sesak nafas dan 340 orang sehat serta hubungannya dengan konsumsi kedelai.

Kedelai mengandung flavonoid yang bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok, jelas Hirayama.

11. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Mineral Selenium

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Selenium, mineral yang merangsang enzim dan bersama - sama dengan vitamin E membantu dalam memperkuat membran paru – paru membuat menurunnya sel kanker dalam tubuh. Hasil penelitian menyatakan jika kadar selenium dalam tubuh terkadang terbalik dengan jumlah sel kanker yang berarti jika jumlah selenium banyak maka sel kanker akan menurun atau bahkan hilang, begitu pula sebaliknya.
Kandungan Mineral Selenium banyak ditemukan dalam semangka, jamur tiram, bayam dan ubi jalar.

12. Makan Pisang

Buah pisang menagndung Kalium yang akan membantu anda untuk segera mempercepat proses pembersihan paru - paru dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi pisang pada saat makan siang memang harus dilakukan.

13.  Minum Teh Herbal atau Teh Hijau

Dengan minum secangkir teh herbal atau teh hijau sebelum tidur akan dapat melepaskan semua racun yang terkandung di usus.

14. Minum Lemon

Setiap pagi hari sebelum sarapan, minumlah 300 ml air perasan lemon yang dicampur dengan sedikit air karena kandungan vitamin C dan antioksidan alami akan membantu memperkuat kekebalan tubuh dan meningkatkan system pernapasan.

15. Minum Jus Nanas

Cara Alami Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok

Namun jika anda tidak menyukai lemon, anda bisa menggantinya dengan jus nanas. Kedua buah ini mengandung antioksidan alami yang meningkatkan sistem pernapasan.

16. Minum Jus Buah Kurma, Alpukat, Pepaya, Pisang, dan Apricot.

Sebaiknya setelah makan siang minum 400 ml jus buah yang mengandung banyak kaliumseperti : kurma, alpukat, pepaya, pisang, dan apricot. Karena kandungan Kalium bertindak sebagai tonik pembersih yang besar pengaruhnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang Cara Alami Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok. Cara ini mudah dilakukan, murah dan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh. Memang butuh kesadaran akan bahaya akibat kotornya paru-paru akibat rokok, dengan demikian sedikit demi sedikit akan timbul kesadaran untuk berhenti merokok lalu menerapkan cara hidup sehat tanpa asap rokok.

Mari berhenti merokok !

Namun, jika anda belum bias menghentikannya silahkan gunakan cara alami membersihkan paru-paru ini untuk mengurangi resiko munculnya penyakit akibat rokok.

Artikel Terkait :


0 comments:

Post a Comment