Home » » Mendengkur Bukanlah Hal Biasa, Waspadalah !

Mendengkur Bukanlah Hal Biasa, Waspadalah !

Mendengkur Bukanlah Hal Biasa, Waspadalah ! – Pada umumnya orang menganggap tidur mendengkur atau ngorok merupakan kebiasaan buruk yang lumrah terjadi dan bukanlah hal luar biasa yang harus diperhatikan. Namun, dampaknya atau suara yang ditimbulkannya dapat mengganggu orang-orang yang berada di sekeliling kita baik pasangan, anak atau kerabat. Selain itu, mendengkur adalah gejala utama adanya peningkatan penyakit berbahaya yang bisa menimpa kita. Jadi jangan sepelekan kondisi ini, mendengkur bukanlah hal biasa.

Mendengkur Bukanlah Hal Biasa, Waspadalah !

Bahkan, mendengkur dapat membuat seseorang manjadi rendah diri karena merasa malu apabila orang lain terganggu dengan suara dengkurannya yang keras sehingga menunggu orang lain terlelap lebih dahulu baru ia tidur. Atau rela begadang semalaman hanya untuk menghindari orang lain terganggu.

Ngorok atau mendengkur biasa dialami oleh pria terutama yang memiliki kelebihan berat badan, meskipun banyak juga wanita yang tidurnya mendengkur. Penyebabnya adalah kelebihan massa yang mengumpul di sekitar leher sehingga menjadikan orang tersebut kesulitan bernapas di malam hari.

Seseorang yang memiliki amandel besar juga menyebabkan tidurnya mendengkur karena amandelnya dapat mempersempit aliran nafas saat tidur.  Selain itu, seseorang yang memiliki riwayat kesehatan dimana keluarganya juga mendengkur serta suka minum minuman keras maka akan beresiko mendengkur pula. Dan, semakin bertambah usia, dengkuran kita dapat menjadi lebih parah.

Sedangkan jika dikaitkan dengan kesehatan, orang yang mendengkur bukanlah orang yang sehat karena ngorok merupakan tanda atau gejala adanya peningkatan resiko dari beberapa penyakit berbahaya yang akan dideritanya. Sehingga penyakit tidur mendengkur harus segera ditangani atau diobati agar tidak menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Penyakit apa saja yang berkaitan dengan tidur mendengkur?

Berikut ini beberapa penyakit berbahaya yang akan menimpa orang ngorok.

1.    Gangguan Pernapasan

Mendengkur Bukanlah Hal Biasa, Waspadalah !

Seseorang yang tidur mendengkur akan beresiko mengalami kondisi yang disebut apnea tidur, yaitu kondisi tertutupnya aliran nafas beberapa saat akibat tertutupnya jalan nafas karena gangguan pernafasan yang menyerangnya. Tertutupnya jalan nafas selama kurang lebih 10 detik saat tidur akan membuat orang tersebut tersedak atau batuk-batuk hingga terjaga dari tidurnya.

Hal ini dapat terjadi berkali-kali dalam semalam.

2.    Stroke

Sebuah penelitian menemukan bahwa seringnya mendengkur atau intensitas mendengkur pada saat tidur memiliki hubungan dengan resiko terkena aterosklerosis karotis yaitu penyempitan pembuluh arteri pada leher akibat timbunan lemak yang disebut plak. Timbunan lemak inilah yang dapat memicu terjadinya stroke.

3.    Penyakit Jantung

Seseorang yang tidur mendengkur atau ngorok memiliki resiko lebih besar yaitu dua kali lipat untuk mengidap penyakit jantung dan mendapat serangan jantung daripada orang yang tidak mendengkur.

4.    Gangguan Irama Jantung

Mendengkur yang merupakan tanda dari apnea tidur obstruktif, jika dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan pembesaran sisi kiri atrium jantung yang akan mempengaruhi konduksi listrik jantung sehingga akan beresiko mengalami fibrilasi atrium dan aritmia (gangguan irama jantung).

5.    Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Bahaya lain akibat mendengkur adalah resiko mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit refluks asam lambung karena tenggorokannya tertutup ketika aliran udara keluar dan masuk saat tidur. Hal ini akan mengakibatkan perubahan tekanan sehingga membuat isi perut naik kembali ke tenggorokan.

6.    Mendadak Lelah

Akibat mendengkur yang dibiarkan tanpa pengobatan, semakin lama menjadi semakin parah dan membuat pengidapnya mendadak kelelahan atau tiba-tiba menjadi lelah dan tertidur pada saat tidak menentu. Jika kondisi ini terjadi pada saat pengidap ngorok sedang mengemudi maka sangat berbahaya karena kemungkinan terjadi kecelakaan di jalan raya sangat besar.

7.    Sakit Kepala

Morning sick atau sakit kepala pada pagi hari memiliki hubungan dengan penyakit gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea  yang menyebabkan mendengkur.

8.    Nokturia

Dampak lainnya dari mendengkur akan menyebabkan penderita mendengkur sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil hingga lebih dari dua kali dalam semalam.

9.    Menurunnya Hasrat Seksual

Bagi pasangan suami-istri, ngorok atau mendengkur akan menyebabkan menurunnya hasrat dan kepuasan seksual mereka. Daya tahan pengidap mendengkur cenderung menurun ditambah lagi dengan suara yang ditimbulkan membuat pasangan kita kurang berhasrat melakukan hubungan badan. 

Dampak lainnya dari mendengkur selain yang disebutkan diatas  juga dapat mengakibatkan komplikasi lain seperti gagal focus atau sulit konsentrasi, mudah mengantuk dan cenderung bersikap agresif.

Apakah Ada Obat Untuk Mendengkur?

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat-obatan dari bahan alami untuk kebiasaan buruk yaitu mendengkur atau ngorok yang dapat anda coba.

1.    Natural Brain Power

2.    Snore Zip

Snore Zip adalah obat homeopati untuk mendengkur yang bekerja dengan cara yang sama sekali berbeda dari strip hidung, dagu, potongan mulut, atau perangkat lainnya. Snorezip adalah semprotan yang terbuat dari semua bahan alami yang dimaksudkan untuk mengurangi lendir yang terbentuk di tenggorokan sehingga mengurangi getaran yang menyebabkan mendengkur. 

http://www.snorezip.com/?aff_id=378679&off_id=506&uuid=&mhcp=&trans_id=10225fa0f6f79c2edf035b7a49e203&off_ref=812_CPA&aid=2686460&myopt=&CID=10225fa0f6f79c2edf035b7a49e203&SID=&SRC=&AID=378679&ARD=2686460&OID=506&ORD=812_CPA&PLAT=STATS&track=stats&SID2=&SID3=&SID4=&SID5=

Snorezip memiliki rasa mint yang bisa dinikmati beberapa orang, tapi ada juga yang merasa tidak enak badan. Ini digunakan sebagai semprotan oral sebelum tidur, dan banyak yang tidak nyaman memakai corong atau tali dagu akan menghargai bahwa obat ini jauh lebih mudah digunakan. 


Kesimpulan

Setelah mengetahui dampak mendengkur dan hubungannya dengan resiko terjading komplikasi dengan penyakit berbahaya, masihkah anda menganggap mendengkur hanyalah hal biasa?

Lebih baik bersikap waspada.

Oleh karena itu, jangan biarkan kebiasaan buruk ini menganggu kesehatan, kehidupan social dan kehidupan rumah tangga anda, lakukan pengobatan mulai dari sekarang agar mendengkur tidak bertambah parah.

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment