Home » » Cara Sehat Mengatasi Emosi Negatif

Cara Sehat Mengatasi Emosi Negatif

Cara Sehat Mengatasi Emosi Negatif – Setiap hari kita menghadapi berbagai situasi yang membangkitkan emosi terutama emosi negatif, baik dirumah, di jalan, tempat kerja dan tempat-tempat lain yang kita kunjungi. Banyak kondisi yang dapat menyulut emosi negatif sehingga kita harus memilih tindakan mana yang harus kita lakukan, menuruti emosi atau mengendalikan emosi dengan cara yang sehat.

Cara Sehat Mengatasi Emosi Negatif

Menuruti emosi negative akan membuat diri kita melakukan hal-hal yang merugikan baik bagi orang lain maupun bagi diri kita sendiri. Contoh emosi negative yang merugikan diri sendiri dan harus kita kendalikan adalah kecewa, benci dan rasa marah atau kemarahan.

Cara Meluapkan Emosi Negatif

1.    Melampiaskan Emosi

Ada beberapa orang yang berpendapat apabila sedang mengalami emosi negative sebaiknya dikeluarkan saja atau disalurkan saja atau diungkapkan saat itu juga sehingga tidak menghantam kesehatan kita. Seperti air bah yang menghanyutkan segala sesuatu di sekelilingnya lalu setelah selesai akan surut dengan sendirinya, kembali tenang meskipun menyisakan puing-puing kehancuran.

Bagi orang yang temperamental, cara ini menjadi alasan untuk meluapkan emosinya dan sering mereka lakukan namun pada akhirnya, mereka menyesali tindakannya karena merusak pertemanan, persahabatan dan merugikan dirinya sendiri.

2.    Mengalihkan

Pilihan lainnya dalam mengatasi emosi negative adalah dengan mengalihkan sasaran pelampiasan ke objek lain. Hal ini sering dilakukan oleh seseorang yang mampu menahan gejolak emosinya sesaat namun tidak mampu mengendalikan sehingga memilih objek lain yang menjadi sasaran pelampiasan emosinya.

Buruknya, apabila tidak menemukan sasaran diluar rumah maka keluarganya dirumah yang akan menjadi objek pelampiasan emosinya.

3.    Menahan

Pada sebagian orang memilih berdiam diri dan menahan segenap emosi negatifnya saat dihadapkan pada situasi yang membangkitkan emosinya. Memang terlihat baik dimata orang lain namun dapat merugikan dirinya sendiri baik dari sisi kejiwaan maupun kesehatannya.

4.    Mengelolah

Pilihan terbaik adalah mengelolah emosi negative tersebut kemudian menyalurkannya dengan cara yang tepat dan benar. Ibarat gunung berapi yang sedang meletus, cara ini akan mengalirkan laharnya pada saluran-saluran yang tepat sehingga tidak memakan korban terlalu banyak.

Atau dengan control diri yang kuat seseorang dapat meredam emosinya lalu mencari jalan untuk menyalurkannya dengan tepat dan benar. Ibarat pepatah :
Hati boleh Panas namun kepala harus tetap dingin. 

Itulah beberapa pilihan dalam mengendalikan emosi negative. Mengungkapkan atau menyalurkan emosi secara tepat dan mengetahui cara mengendalikan emosi akan membuat kita merasa lebih baik.
Namun demikian, lebih mudah mengucapkan daripada menjalaninya. Dibutuhkan latihan dan kerja keras hingga kita mampu mengendalikan emosi dalam keadaan seperti apa pun.

Cara Sehat Mengatasi Emosi Negatif

Berikut ini tips dalam mengendalikan emosi negative.

1.    Mengatur Nafas

Ketika seseorang sedang mengalami emosi negative, biasanya dapat dilihat dari cara bernafasnya. Ketika sedang menahan marah,cemas dan ketakutan, nafas seseorang cenderung akan memburu atau terengah-engah ditambah dengan wajah memerah dan jantung berdegub kencang.

Sebaliknya saat mengalami ketegangan, seseorang tidak sadar apabila kita menahan nafas dengan syaraf tubuh menegang.

Sehingga, saat sedang mengalami emosi negative, sebaiknya kita mengatur nafas kita dengan cara menarik nafas panjang lalu dihembuskan perlahan, lalu mengulanginya terus menerus hingga kita merasa tenang.

2.    Berusaha Memahami

Saat kita menjadi objek kemarahan orang lain, sebaiknya kita menahan diri lalu berusaha untuk mencari tahu mengapa orang tersebut marah terhadap kita kemudian mencoba memahami dan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Apabila memang kita yang salah maka segera minta maaf adalah jalan terbaik.

Namun, apabila kita yang ingin memarahi atau meluapkan emosi kepada orang lain, sebaiknya kita juga berusaha untuk menahan diri lalu mencari penyebab mengapa orang lain tersebut membuat kesalahan atau berusaha memancing emosi kita.

Dengan demikian, kita akan meluapkan emosi kita dengan cara tepat.


3.    Mengalihkan focus pikiran dan perasaan kita pada objek lain.

Saat situasi di lingkungan kita mulai membangkitkan emosi negative kita, sebaiknya kita segera mengalihkan pikiran dan perasaan kita kepada objek lain yang lebih membangkitkan emosi positif.

Sebelum kita terbakar emosi sebaiknya kita mencegah agar percikan-percikan api tersebut tidak bertambah besar dengan jalan mengalihkan focus dan perasaan kita kepada objek lain yang dapat menyejukkan hati dan pikiran.

4.    Menghindari

Menghindar dari situasi yang mudah membangkitkan emosi adalah jalan terbaik. Ketika kita mengetahui jika kondisi-kondisi tertentu dapat membangkitkan emosi lebih baik kita mengambil tindakan pencegahan dengan cara menghindarinya.

Menghindar bukan berarti takut namun lebih mengutamakan kebaikan bersama atau dapat mengurangi resiko yang lebih besar.

5.    Tersenyum dan bersikap ramah

Kita dimanapun berada akan menjadi pusat atau sumber dari segala masalah apabila tidak berlaku sopan dan ramah. Selalu tersenyum dan bersikap ramah akan dapat menghindarkan kita dari masalah. Bahkan kekuatan senyuman yang tulus dari hati mampu meredam dan mendinginkan emosi orang lain yang melihatnya.

6.    Melakukan aktifitas yang membuat senang

Dengan melakukan aktifitas yang membuat senang atau bersikap lucu akan membuat orang lain turut senang sehingga emosi yang akan meluap jadi mencair dan luluh.

7.    Meditasi

Meditasi adalah cara atau latihan bagi kita agar dapat mengenali diri termasuk emosi-emosi yang ada dalam diri kita. Dengan mengenali hal-hal yang dapat membangkitkan emosi kita maka akan dapat mengendalikannya secara perlahan.

Untuk dapat mengendalikan emosi dalam diri kita tidak semudah membalik telapak tangan, dibutuhkan kerja keras dan latihan terus menerus sampai kita yakin mempu mengendalikannya.

8.    Menerapkan Cara Hidup Sehat

Menerapkan cara hidup sehat tanpa rokok, alcohol dan obat-obat terlarang dapat membantu kita dalam mengendalikan emosi negative dalam diri. Karena dengan badan yang sehat akan memiliki jiwa yang kuat.

Terbukti, para pelaku kejahatan biasanya beraksi dalam pegaruh minuman keras dan obat-obatan terlarang. Sehingga sebaiknya kita menghindarinya lalu berusaha sedapat mungkin menerapkan cara hidup yang sehat.

9.    Menjadi Vegetarian

Menjadi vegetarian atau meniru cara hidup vegetarian yang hanya makan sayur-mayur dan menghindari daging atau hewan bernyawa lainnya terbukti mampu merubah seseorang yang temperamen menjadi sosok yang tenang dan sabar.

Dapat kita lihat perbedaannya di dalam hutan, perangai seekor harimau sang pemakan daging akan jauh berbeda dengan kerbau atau kelinci yang memakan tumbuh-tumbuhan saja.


Kesimpulan

Demikian beberapa tips sehat dalam mengendalikan emosi negative. Sehat tidak hanya tubuh saja namun jiwa yang sehat dapat mengendalikan emosi dalam diri kita sehingga kita mampu mengelolah berbagai permasalahan sehari-hari termasuk stress, marah dan kecewa.

Sehingga menjaga kesehatan jiwa tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan badan kita. Karena keduanya bak dua sisi mata pisau yang saling mempengaruhi satu sama lain maka kita harus memperhatikan keduanya secara seimbang.

Patut kita waspadai jika emosi yang kita rasakan bukanlah emosi sewajarnya melainkan pertanda depresi seperti seperti mood buruk lebih dari dua minggu, merasa putus asa, kelelahan, tidak dapat berkonsentrasi, hilang nafsu makan atau sebaliknya makan terlalu banyak, susah tidur atau pun terus ingin tidur, dan terpikir untuk melakukan bunuh diri.

Baca Juga : Depresi Bukanlah Penyakit Sepele

Jika pertanda depresi mulai anda rasakan maka segera periksa dan konsultasi ke dokter lalu mengikuti saran-saran yang dianjurkan selanjutnya ubahlah cara hidup anda menjeadi cara hidup sehat yang alami.


Artikel Terkait :



0 comments:

Post a Comment