Home » » Bunga Kantil atau Cempaka putih

Bunga Kantil atau Cempaka putih

Bunga Kantil atau Cempaka putih – Mendengar nama bunga Kantil atau cempaka putih secara spontan akan mengingatkan kita pada ritual tertentu yang erat kaitannya dengan mahluk gaib, upacara keagamaan dalam agama Hindu atau sesuatu yang berbau misteri. Namun bunga yang mempunyai nama latin Michelia alba dan memiliki aroma sangat harum ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Bunga Kantil atau Cempaka putih

Bunga Kantil atau Cempaka Putih ternyata juga merupakan salah satu tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia karena memiliki kandungan senyawa nikelarbina, alkaloid, dan liriodenina yang di percaya memiliki khasiat sebagai ekspektorat dan diuretik.

Manfaat Bunga Kantil Untuk Kesehatan

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat dari bunga berbau harum ini, berikut ini adalah manfaatnya.

1.    Sebagai Bahan Pewangi Rambut

Bunga Kantil pada umumnya selain sebagai pelengkap upacara adat atau ritual mistis juga digunakan sebagai bahan pewangi rambut dengan cara diselipkan di atas telinga. Dengan memakainya dapat memberikan efek aroma wangi pada rambut serta menambah kesan anggun pada pemakainya seperti sosok wanita Bali.

2.    Sebagai Obat Gangguan Vertigo

Jika anda menderita gangguan vertigo maka sebaiknya anda mengkonsumsi bunga Kantil karena bunga cempaka putih ini dipercaya dapat mengatasi gangguan vertigo.

Baca Juga : Mengenal Vertigo : Penyakit Hilang Keseimbangan Yang Berbahaya

3.    Sebagai Obat Untuk Menghilangkan Bau Badan

Karena memiliki aroma khas yang sangat harum maka bunga Kantil dapat membantu anda dalam mengatasi masalah bau badan dengan cara mengenakan di atas telinga, menyimpannya di saku baju atau menggunakan parfum dari essence bunga Kantil.

4.    Membantu Mengobati Sinusitis

Sebagai salah satu ramuan herbal, bunga Kantil dapat membantu mengatasi gangguan sinusitis.

5.    Membantu Mengobati Perut Kembung

Bunga Kantil juga dipercaya dapat mengobati perut kembung.

6.    Mengatasi Peradangan Pada Saluran Pernafasan

Untuk mengatasi peradangan pada saluran pernafasan anda dapat memanfaatkan bunga Kantil. Caranya, kulit jeruk mandarin di keringkan, 7 bunga Kantil dan umbi dari bunga Lili. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut menggunakan 3 gelas air bersih, untuk menambah rasa, anda bisa menambahkan sedikit madu lalu minum ramuan tersebut pada saat masih hangat

7.    Mengobati Keputihan

8.    Mengatasi Gangguan Pada Dada

Gunakan 7 butir bunga Kantil yang sudah dikeringkan lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sehingga airnya tinggal 1 gelas saja kemudian minum saat masih hangat.

9.    Mengobati Batuk

10.    Mengatasi Pembesaran Prostat

11.    Mengatasi Bau Ketiak

Demikian pembahasan tentang Bunga Kantil atau bunga Cempaka Putih sebagai tanaman obat yang memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan.

Artikel Terkait :
 

2 comments:

  1. hadeeuw.. baru tau kl cempaka iku kembang kanthil... hehehe.. mksih infonya..

    ReplyDelete

  2. F*a*n*s*B*E*T*I*N*G Game Bola Online| 5*E*E*8*0*A*F*E :)

    ReplyDelete