Home » » 7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat – Ternyata, tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera) yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun untuk perawatan rambut dan kulit, hanyalah satu dari 270 spesies anggota genus aloe. Masih banyak ragam tanaman Lidah Buaya yang ada, kurang lebih terdapat 269 spesies lain, dan berikut ini adalah 7 jenis tanaman Aloe yang berkasiat.

Spesies Aloe tidak hanya untuk perawatan rambut, sebagai tanaman hias atau manisan saja, tanaman Aloe sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dan dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Bahkan, bangsa Mesir Kuno, pada 6.000 tahun lalu, menyebutnya sebagai “Tanaman Keabadian” atau “plant of immortality” . Sedangkan bangsa Yunani kuno menggunakannya untuk menyembuhkan segala sesuatu mulai dari kebotakan sampai insomnia dan penduduk asli Amerika menyebut lidah buaya sebagai "Tongkat Surga".

Baca Juga : Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Perawatan Rambut Serta Kulit

Mengapa Spesies Aloe Begitu Istimewa?

  • Selama beberapa milenium, lidah buaya digunakan untuk merawat 50 kondisi medis -- dari obesitas, luka bakar, dermatitis, bisul, asma, diabetes, jerawat, dan bahkan kusta.
  • Sebanyak 95 % kandungan aloe vera adalah air, lima persen lainnya terdiri atas zat-zat berkhasiat.
  • Tanaman yang sangat istimewa itu memiliki lebih dari 200 senyawa bioaktif seperti mineral, enzim, vitamin, asam amino, dan polisakarida -- yang semua meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.
  • Lidah buaya juga kaya akan kalsium, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, kalium, dan mangan -- yang bersifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu detoksifikasi tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh.
  • Tak hanya itu, aloe vera juga kaya vitamin B12, yang biasanya hanya ditemukan dalam makanan hewani, yang penting dalam penciptaan sel darah merah baru -- sehingga baik dikonsumsi mereka yang vegetarian.
Lidah buaya asli dari Afrika dan bagian dari Timur Tengah, namun tanaman itu dapat tumbuh di mana saja dan mudah didapat. Berikut khasiat dan keajaiban lidah buaya yang dibuktikan peradaban masa lalu.

Spesies Aloe yang sangat popular di Indonesia adalah tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera). Tanaman yang mudah tumbuh serta mudah dirawat ini banyak dipelihara di pekarangan rumah atau di dalam pot sebagai tanaman hias sekaligus menjadi tanaman obat keluarga.

Disamping Aloe Vera, masih banyak spesies Aloe lainnya yang ditanam dan dikembangkan sebagai tanaman hias. Aloe adalah salah satu nama kelompok genus famili Liliaceae (bakung-bakungan), sehingga masih berkerabat dekat dengan bawang, lili dan bakung.

Berikut ini adalah 7 Jenis Tanaman Lidah Buaya Yang Berkhasiat .

1.    Aloe excelsa (Zimbabwe Aloe)

Aloe excelza atau Zimbabwe Aloe merupakan tanaman spesia Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang dapat tumbuh pada suhu 22 derajat F, berasal dari Zimbabwe, Zambia dan Afrika Selatan.

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat

Batangnya ditumbuhi oleh roset besar dengan daun seperti pedang yang masing-masing berukuran sepanjang 3 kaki. Rosette memunculkan warna yang menyala dari Bunga oranye-merah. Tanaman Aloe excelsa adalah antimikroba, membantu pencernaan, dan digunakan untuk mengobati diabetes.

2.    Aloe cryptopoda (Twerkleur Aloe)

Aloe cryptopoda atau Twerkleur Aloe merupakan tanaman spesies Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang harus dilindungi dari embun beku, berasal dari tanjung barat Afrika Selatan.

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat
Aloe cryptopoda  memiliki daun yang meruncing dan menyerupai pedang, tanaman tersebut menghasilkan beberapa roset tegak yang merupakan bunga dengan warna merah dan kuning. Tanaman ini dibuat sebagai pewarna merah keunguan untuk wol. Obat-obatan, digunakan juga untuk mengobati sembelit dan penyakit kelamin.

3.    Aloe marlothii (Mountain Aloe)

Aloe marlothii atau Mountain Aloe merupakan tanaman spesies Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang dapat hidup pada suhu 20 derajat F, berasal dari Afrika Selatan, Swaziland, Botswana, dan Mozambik.

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat
Aloe marlothii, bertangkai tunggal setinggi 15 kaki, Rosetnya menghasilkan candleabra hingga 30 warna dari jeruk. Merupakan obat alami melawan cacing pita.

4.    Aloe Ellenbeckii

Berasal dari Ethiopia, Somalia dan Kenya, ini adalah pilihan Aloe karena mengandung banyak sekali lendir penyembuhan dan tidak pahit. Aspek pahit tentu saja akan menunjukkan aloe emodin, yang biasanya berada di lapisan bawah kulit, dan merupakan obat penenang perut dan pencahar yang hebat.

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat
Aspek mucilagenous adalah mucilage berair, menenangkan, penuh dengan imunisasi potasiosa polisakarida, aloe "gel" jika Anda mau. Benar-benar bagus bila digunakan saat masih segar dan tanaman ini dapat menghasilkan produk komersial dengan baik, meskipun tanpa bahan pengawet.

Obat yang sangat baik untuk asam lambung, bisul, acid reflux, kemoterapi.


5.    Aloe dichotoma (Quiver Tree)

Aloe, Quiver Tree (Aloe dichotoma) Pohon aloe asli Afrika Selatan, tangguh sampai 25 derajat F, dengan populasi di wilayah Northern Cape serta Namibia. Tanaman langka (CITES listed) dan spesimen mahal yang dapat ditemukan di kebun terbuka di Barat Daya AS, dan disimpan sebagai tanaman pot oleh para kolektor Aloe.

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat
Tanaman ini membentuk batang api yang ditutupi kulit kuning gelap, dengan kematangan, mengelupas di segmen. Cabang meruncing yang elegan diatapi oleh mawar merah muda dari daun lidah buaya, dengan bunga kuning mentega yang diproduksi di musim dingin.

Cabang berongga itu digunakan oleh penduduk asli untuk memegang panah berburu, dan akar pohon succulent yang menarik ini digunakan untuk mengobati asma dan TB. Pohon Quiver telah dikenal untuk hidup selama beberapa ratus tahun. Tanaman ini lebih menyukai tanah kering, berbatu dan sinar matahari penuh sampai teduh, dan bisa tumbuh dengan mudah sebagai spesimen pot.

6.    Aloe maculata (Soap Aloe)

Aloe maculata atau Soap Aloe merupakan tanaman spesies Aloe dari keluarga: Asphodel (Asphodelacea) yang harus dilindungi dari embun beku, berasal dari Afrika Selatan.

Soap Aloe atau Zebra Aloe mengandung Lemak sigulen yang banyak didistribusikan ke seluruh Afrika Selatan. Variabel. Tanaman ini memiliki perbedaan yang tidak membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik - bahkan akan tumbuh dalam kotoran.

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat
Kecil sampai sedang, daun gemuk dengan tip khas kering ditutupi dengan bintik berbentuk h. Akhirnya, tanaman tersebut akan membuat batang pendek, sehingga menimbulkan bercabang bercabang dengan pom-pom berlapis oranye atau merah.

Penduduk setempat menggunakan getah sebagai sabun. Dan, sabun tidak dianggap sebagai jenis obat ... kecuali jika Anda menganggap kulit Anda sebagai organ tubuh terbesar Anda, dengan sel Anda menyerap nutrisi yang berasal dari hal-hal yang Anda gunakan di atasnya.

7.    Aloe Ferox

Aloe ferox atau Aloe hanburyi juga termasuk aloe yang dapat tumbuh tinggi dan besar, sehingga termasuk pula sebagai jenis Aloe pohon. Aloe Ferox memiliki ciri yaitu memiliki tegakan batang yang membulat tepat dibawah roset daun, kemudian tidak berdaun lagi setelah tanaman tumbuh setinggi 1 m.

7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat
Aloe Ferox juga memiliki daun lanset memanjang, berselaput lilin, berwarna kemerah-merahan. Duri daun terdapat di sembarang tempat. Duri di tepi daun panjang, kuat, bengkok. Demikian pula duri pada tengah, sisi, dan bawah daun.

Aloe Ferox merupakan sumber pencahar anthroquinone yang dikenal sebagai aloe-emodin, bubuk kuning yang berada di lapisan di bawah kulit daun dan diekstraksi dengan cara merebus atau mengetuk, zat yang sangat pahit sehingga benar-benar memiliki tidak sama di mana saja di antara semua pahit di alam. Dosis kecil digunakan sebagai ramuan obat perut, minuman beralkohol dan formula kuno yang dikenal sebagai "Friar's Balsam."

Demikian pembahasan tentang 7 Jenis Tanaman Aloe Di Dunia Yang Berkhasiat. Species Aloe termasuk tanaman yang paling mudah dirawat, dan tahan kekeringan. Apabila dijadikan tanaman hias dirumah tidak memerlukan perawatan khusus, meskipun ditinggal berhari-hari tanpa disiram, tanaman ini tidak akan mati karena memiliki cadangan air pada daunnya.

Di alam, Aloe tumbuh di daerah yang curah hujannya rendah seperti Afrika Selatan dan Madagaskar. Karena memiliki cadangan air yang tersimpan di daunnya maka spesies Aloe ini memiliki ketahanan luar biasa terhadap kondisi kekurangan air.

Artikel Terkait :

1 comments:

  1. Fans^^Bett1nG J_u_d_i On^^line Terpercaya
    Proses Depo dan WD hanya dalam waktu 3 menit .. buruan D4ftar ya :)

    ReplyDelete