Home » » 10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik – Udara yang bersih, sehat dan tanpa polusi adalah salah satu syarat utama dalam menerapkan cara hidup sehat. Namun pada kenyataannya kita tidak dapat sepenuhnya bebas dari polusi udara meskipun kita tinggal di pedesaan yang masih banyak pepohonan dan jauh dari asap kendaraan sehingga kita perlu menanam dan menempatkan tanaman pembersih udara di dalam rumah maupun di lingkungan kita.

Tanpa kita sadari jika rumah yang kelihatan bersih dari kotoran yang terlihat dengan mata kita namun udara yang ada di dalamnya tercemar oleh gas-gas berbahaya seperti asap rokok, udara lembab, asap kompor, asap pembakaran sampah dan gas-gas lain.

Banyak senyawa berbahaya berupa gas atau asap yang kasat mata berada di dalam rumah kita, baik berasal dari luar maupun berasal dari barang atau perabotan yang kita milik seperti pada karpet, cat, zat pembersih dan lain sebagainya. Selain gas, ada 3 senyawa berupa bau atau gas yang kerap kita temui yaitu :
  • Formaldehyde, misalnya bau yang terdapat pada cat, kain pelapis, lem, dan lain sebagainya.
  • Benzene, misalnya bau yang ada di dalam plastik, karet, pelumas, pestisida, fiber sintetik, dan lain sebagainya.
  • Trichloroethylene, misalnya bau di dalam pembersih karpet permadani, lem, cat pembersih, dan lain sebagainya.
Namun, semua yang ada di alam semesta ini diciptakan oleh Tuhan Sang Pencipta dalam kondisi berpasang-pasangan, ada siang ada malam, ada pria ada wanita, ada penyakit ada pula obatnya dan ada racun ada juga penawarnya. Berkaitan dengan gas-gas beracun yang ada di sekeliling kita, Tuhan juga menciptakan tanaman-tanaman yang mampu menyerap gas-gas tersebut dari udara.

The Associated Landscape Contractors of America (ALCA) asosiasi yang beranggotakan dari semua aspek industri perawatan dasar bersama National Aeronautics and Space Administration (NASA) yang merupakan lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang.  Turut memberikan informasi dan referensi tentang tanaman-tanaman pembersih udara yang sudah diuji dengan seksama dan terbukti mampu membersihkan udara dari gas-gas berbahaya yang ada disekitarnya.

Tanaman-tanaman Pembersih Udara

Untuk mengatasi polusi udara baik yang ada di dalam rumah maupun di lingkungan kita, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang menciptakan tanaman-tanaman yang ternyata ampuh menjadi pembersih udara terbaik secara alami. Berikut ini adalah 10 tanaman pembersih udara yang ada di sekitar kita yaitu :

1. Peace Lily (Spathiphyllum)

Menurut ALCA dan NASA, Peace Lily atau Spathiphyllum adalah tanaman hias yang indah dan  ternyata mampu menyerap zat-zat seperti benzene, trichloroethylene, formaldehyde, ammonia, xylene, dan lain-lain. Supaya proses pembersihan udaranya makin maksimal, sebisa mungkin kita harus menjaga agar daunnya bebas dari debu.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

2. Dracaena

Tanaman Dracaena adalah sejenis tumbuhan suji yang berasal dari kepulauan Socotra hingga dijuluki sebagai Suji Socotra atau Dragon Blood Tree (Suji Darah). Selain getahnya yang berwarna merah digunakan sebagai obat atau pewarna, flora ini mampu menyerap gas xylene, formaldehyde, benzene, toluene, dan trichloroethylene yang ada di sekitarnya.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

3. Florist’s Chrysanthemum (Chrysanthemum morifolium)

Bunga Krisantemum atau Seruni atau Krisan adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Seruni merupakan tumbuhan dari suku kenikir-kenikiran yang merupakan tanaman musiman. Selain keindahan dan aromanya yang wangi, flora ini bisa menyerap ammonia , xylene, formaldehyde dan benzene.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

4. Bamboo Palm (Chamaedorea seifrizii)

Tanaman Bamboo Palm atau Palem Bambu adalah tanaman yang hidup bergerombol atau rumpun. Meskipun namanya bamboo, tanaman ini bukan bagian dari keluarga bambu. Flora ini biasanya ditempatkan di dalam ruangan (indoor) karena mampu menyerap atau menangkal dinginnya udara yang ditimbulkan oleh AC.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik


Selain itu, Bamboo Palam bisa menyerap karbon monoksida, xylene, formaldehyde, benzene dan chloroform.

5. Golden Pothos (Epipremnum aureum)

Tanaman hias yang dikenal dengan nama Sirih Gading atau Epipremnum aureum merupakan tanaman yang mudah ditanam dan mudah perawatannya meskipun media tanamnya hanya botol berisi air saja. Dapat ditempatkan di dalam maupun diluar ruangan.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

Selain unik dan indah, flora ini ternyata bisa menyerap zat-zat seperti toluene, karbon monoksida, formaldehyde, xylene, benzene, dll.

6. English Ivy (Hedera helix)

Tanaman English Ivy merupakan tanaman yang tumbuh merambat, vigor dan agresif karena pertumbuhannya cepat dan dapat tumbuh dimana-mana bahkan dapat menutupi dinding rumah, batang pohon dan menutupi tanah ketika tidak ada objek vertical.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

Disamping bisa jadi penghias dinding rumah, English Ivy bermanfaat untuk mengusir allergen seperti dalam kotoran hewan atau jamur. Ia juga mampu menyerap karbon monoksida, formaldehyde, benzene,  trichloroethylene, dll.

7. Chinese Evergreen (Aglaonema spp.)

Tanaman Aglaonema atau Sri Rejeki atau Chinese Evergreen merupakan tanaman hias yang popular dari suku talas-talasan atau Araceae. Flora yang memiliki penampilan yang sangat menarik dan bervariasi juga memiliki motif yang cantik dan menarik.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik
Sumber Gambar : caratanam

Sri Rejeki bisa menghilangkan karbon monoksida, benzene, trichloroethylene, formaldehyde dan toksin lain.

8. Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens)

Tanaman Palem Kuning atau Areca Palm merupakan jenis tanaman rumah dengan pelepah daun cukup panjang dan menutupi batang beruas-ruas. Menurut NASA dan the Associated Landscape Contractors of America (ACLA) tanaman ini dinilai paling efisien dalam membersihkan udara. Ia bisa mengatasi karbon monoksida,  benzene,  xylene,  trichloroethylene, formaldehyde, dll.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik
Sumber Gambar : caratanam


Selain itu, ia juga jadi pelembab udara yang alami. Nilai tambah dari Palem Kuning ini adalah  keanggunannya, daun eksotisnya serta bentuknya yang indah.

9. Rubber Plant (Ficus elastica)

Tanaman Rubber plants ini berasal dari India. Penampilannya begitu tropis dan cukup cantik. Tanaman yang disebut jua dengan nama Beringin karet (ficus elastic) memiliki ciri khas permukaan daunnya mengkilap dan teksturnya lembut serta bandel karena tidak disukai ulat atau hama lainnya serta tahan dalam kondisi kekurangan air.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik

Beringin karet ini bisa menyerap formaldehyde, karbon monoksida, trichloroethylene, dsb.

10. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria atau “pedang-pedangan” merupakan tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Disebut Lidah Mertua karena bentuk daun tanaman ini memiliki ujung yang runcing dan tajam seperti lidah mertua yang mengeluarkan kata-kata tajam dan pedas kepada menantunya.

10 Tanaman Pembersih Udara Terbaik
Sumber Gambar : caratanam
 Tanaman yang memiliki nama unik dan menggoda ini mampu menyerap 107 jenis polutan yang ada di udara seperti xilen, benzen, karbondiokasida, dan jenis polutan yang lain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang 10 tanaman pembersih udara yang dapat kita gunakan untuk menetralisir udara, menyerap polusi udara dan bau tidak sedap. Tanaman-tanaman ini dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita sehingga sebaiknya kita mulai mencobanya  untuk ditanam di luar rumah atau di dalam pot-pot lalu diletakkan di dalam rumah.

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment