Home » » Beluntas : Tanaman Pagar Kaya Manfaat

Beluntas : Tanaman Pagar Kaya Manfaat

Beluntas : Tanaman Pagar Kaya Manfaat – Tanaman Beluntas yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia merupakan tanaman yang digunakan sebagai pagar pembatas antar tanah penduduk di pedesaan. Disamping sebagai tanaman pagar, beluntas juga kaya manfaat selain menjadi sumber lauk pauk yang murah dan bergizi.baik sebagai lalapan, sayur maupun diolah menjadi ‘bothok’, Beluntas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Beluntas : Tanaman Pagar Kaya Manfaat

Tanaman Beluntas mempunyai banyak cabang dan daun sehingga sering dijadikan sebagai pagar pembatas tanah, jalan maupun pagar halaman rumah. Dahulu di kampung saya, saat masih kecil, saat jalanan belum beraspal seperti sekarang ini di kanan-kirinya ditanam Beluntas yang berjajar rapi sepanjang jalan. Sehingga warga dengan mudah memetiknya untuk digunakan sebagai teman nasi.

Namun seiring perkembangan dan kemajuan jaman serta penemuan tentang kandungan gizi tanaman pagar ini, keberadaan beluntas sekarang ini semakin jarang ditemukan. Kita harus membelinya terlebih dulu di pasar atau tukang sayur jika ingin menikmatinya, tidak seperti dulu, tinggal petik saja.

Di setiap daerah di Indonesia, Beluntas memiliki nama yang berbeda, jika di Jawa disebut “Luntas”, di Sumatera “Beluntas”, di NTT disebut “Lenabeau” sedangkan di Sulawesi disebut dengan nama “Lemotasa”.

Kandungan Daun Beluntas

Kandungan kimia yang terdapat pada daun Beluntas adalah pluchine, saponin, asam kafeoikuinat, flavonoid, alkaloid dan polifel serta kalsium, fosfor, magnesium, lemak, natrium, asam amino, vitamin C dan Vitamin A.

Manfaat Daun Beluntas

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun beluntas bagi kesehatan kita.
  1. Dengan  sering makan daun Beluntas akan dapat meningkatkan ketajaman pandangan kita, hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
  2. Sebagai antioksidan alami yang ampuh guna menjaga sistem imun tubuh kita, karena kandungan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas.
  3. Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi karena adanya kandungan kalsium dan fosfor dalam daun beluntas.
  4. Dapat melancarkan sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi  termasuk juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.
  5. Dapat menambah selera makan, karena rasa dan aromanya yang unik, daun Beluntas dapat menambah selera makan kita.
  6. Dapat menghilangkan bau mulut dan bau badan akibat keringat dan bakteri.
  7. Dapat menurunkan demam tinggi karena daun Beluntas memiliki sifat antipretik.
  8. Dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dan panas dalam.
  9. Dapat melancarkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.
  10. Dapat melancarkan haid atau menstruasi yang tidak teratur.
  11. Dapat mencegah Hipertensi.
  12. Dapat mencegah penyakit TBC atau masalah kelenjar leher.
  13. Dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan
  14. Dapat melancarkan keluarnya keringat.
  15. Dapat mencegah keputihan pada wanita.
  16. Dapat menyembuhkan pegal linu, rematik, sakit pinggang dan lain-lain.
Demikian manfaat dari daun Beluntas : tanaman pagar yang memiliki banyak manfaat. Jika memiliki halaman yang cukup luas, tidak ada salahnya apabila kita menanam beluntas dan tanaman obat lainnya sehingga sedikit demi sedikit kita akan kembali ke alam dalam mengobati penyakit. Dengan demikian kita dapat menerapkan cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami.


1 comments:


  1. F*a*n*s*B*E*T*I*N*G Game Bola Online| 5*E*E*8*0*A*F*E :)

    ReplyDelete